1.
Latar
Belakang George A. Kelly
George
Alexander Kelly dilahirkan pada tanggal 28 April 1905 di sebuah pertanian dekat
Perth,Kansas,suatu kota yang hampir tidak di ketahui orang,35 mil di bagian
selatan dari Wichita. George adalah satu-satunya anak dari Elfleda M.
Kelly,seorang mantan guru,dan Theodore V. Kelly,yang sebelumnya adalah pendeta Presbiterian.
Pada saat Kelly dilahirkan,ayahnya berhenti
menjadi pendeta untuk menjadi seorang petani di kansas. Kedua orang
tuanya sangat berpendidikan,dan keduanya telah membantu pendidikan formal anak
mereka,sebuah keadaan yang sangat berutung bagi Kelly karena riwayat bersekolah
Kelly cenderung tidak dapat diandalkan. Kelly merupakan seseorang yang memiliki
banyak minat yang berbeda-beda. Gelar sarjananya adalah pada bidang fisika dan matematika,namun ia juga merupakan
anggota tim debat kampus yang menjadikannya sangat memperhatikan masalah
sosial.
Minat tersebut mangantarkannya ke University of Kansas, dan menerima gelar master untuk jurusan sosiologi pendidikan dengan minor di hubungan kerja dan sosiologi. Kemudian dalam beberapa tahun berikutnya, Kelly beberapa kali pindah dan memegang berbagai posisi. Pertama ia pindah Minneapolis dan mengajar teknik soapbox oratory (pidato yang disampaikan pada suasana informal) pada kampus khusus bagi pengelola tenaga kerja. Kedua ia pindah ke Sheldon,Iowa,dan mengajar pada suatu kampus junior dan menjadi pelatih drama. Kemudian ia kembali ke Wichita untuk bekerja selama beberapa bulan sebagai insinyur aerounatika. Setalah itu ia pindah ke University of Edinburg di Skotlandia sebagai murid pertukaran pelajar dan menerima gelar profesor lanjutan dalam bidang pendidikan. Dari gambaran diatas, Kelly telah banyak bereksperiman secara akademis dalam bidang pendidikan,sosiologi,ekonomi,hubungan tenaga kerja,biometri,patologi bicara ,antropologi,serta telah mengambil jurusan psikologi selama total sembilan bulan. Akan tetapi setelah setelah kembali ke Edinburg,ia memulai karernya dengan serius di bidang Psikologi. Setelah itu Kelly kembali ke Kansas dan memulai karier akademiknya pada tahun 1931 di Fort Hays State College di Hays Kansas,dengan mengajar Psikologi Fisiologis. Selama di Fort Hays State,Kelly mulai merumuskan suatu teori kepribadian. Kemudia ia menerbitkan hasil kerjanya yang paling penting The Psychology of Personal Constructs pada tahun 1955,buku ini terdiri dari 2 jilid dan dicetak ulang 1991,berisi tentang keseluruhan dari teori kepribadian Kelly dan salah satudari hasil kerjanya yang diterbitkan pada saat dia masih hidup. Kelly menghabiskan beberapa musim panas sebagai profesor tamu di beberapa kampus,seperti University of Chicago,University of Nebraska,University of Southern California,Northwestern University,Brigham Young University,Stanford Univesity of New Hampshire,dan City College of New York. Dan pada akhirnya Kelly meninggal dunia pada tanggal 6 Maret 1967,sebelum ia dapatmenyelesaikan revisi dari teori kontsruk personalnya
.Minat tersebut mangantarkannya ke University of Kansas, dan menerima gelar master untuk jurusan sosiologi pendidikan dengan minor di hubungan kerja dan sosiologi. Kemudian dalam beberapa tahun berikutnya, Kelly beberapa kali pindah dan memegang berbagai posisi. Pertama ia pindah Minneapolis dan mengajar teknik soapbox oratory (pidato yang disampaikan pada suasana informal) pada kampus khusus bagi pengelola tenaga kerja. Kedua ia pindah ke Sheldon,Iowa,dan mengajar pada suatu kampus junior dan menjadi pelatih drama. Kemudian ia kembali ke Wichita untuk bekerja selama beberapa bulan sebagai insinyur aerounatika. Setalah itu ia pindah ke University of Edinburg di Skotlandia sebagai murid pertukaran pelajar dan menerima gelar profesor lanjutan dalam bidang pendidikan. Dari gambaran diatas, Kelly telah banyak bereksperiman secara akademis dalam bidang pendidikan,sosiologi,ekonomi,hubungan tenaga kerja,biometri,patologi bicara ,antropologi,serta telah mengambil jurusan psikologi selama total sembilan bulan. Akan tetapi setelah setelah kembali ke Edinburg,ia memulai karernya dengan serius di bidang Psikologi. Setelah itu Kelly kembali ke Kansas dan memulai karier akademiknya pada tahun 1931 di Fort Hays State College di Hays Kansas,dengan mengajar Psikologi Fisiologis. Selama di Fort Hays State,Kelly mulai merumuskan suatu teori kepribadian. Kemudia ia menerbitkan hasil kerjanya yang paling penting The Psychology of Personal Constructs pada tahun 1955,buku ini terdiri dari 2 jilid dan dicetak ulang 1991,berisi tentang keseluruhan dari teori kepribadian Kelly dan salah satudari hasil kerjanya yang diterbitkan pada saat dia masih hidup. Kelly menghabiskan beberapa musim panas sebagai profesor tamu di beberapa kampus,seperti University of Chicago,University of Nebraska,University of Southern California,Northwestern University,Brigham Young University,Stanford Univesity of New Hampshire,dan City College of New York. Dan pada akhirnya Kelly meninggal dunia pada tanggal 6 Maret 1967,sebelum ia dapatmenyelesaikan revisi dari teori kontsruk personalnya
2.
Struktur
Kepribadian
Struktur
kepribadian manusia adalah sistem konstruknya.
Konstruk merupakan cara menafsirkan dunia/lingkungan. Konstruk merupakan
konsep yang digunakan individu dalam menafsirkan, mengkategorisasikan, dan
memetakan tingkah laku. Individu mengantisipasi meristiwa dan menafsirkan
jawabannya. Dia mengalami peristiwa dan menafsirkannya, kmudian menempatkan
struktur dan pengertian atas peristiwa tersebut dalam mengamati
peristiwa-peristiwa. Individu memperhatikan bahwa beberapa peristiwa memiliki
karakteristik umum yang membedakannya dengan peristiwa yang lain. Dia mengenal
bahwa peristiwa-peristiwa itu ada yang memiliki karakteristik yang sama dan juga
yang berbeda.
Individu
mengamati bahwa sebagian orang ada yang tinggi dan ada juga yang pendek, ada
pria dan ada juga wanita, ada benda-benda yang keras dan ada juga yang lunak.
Upaya mengkonstruk persamaan dan perbedaan sesuatu itu membimbing ke arah suatu
konstruk. Tanpa konstruk, kehidupan ini akan kacaukehidupan ini akan kacau.
Kelly
memandang semua konstruk itu dikotomus, masing-masing mempunyai persamaan dan
perbedaan. Dalam mengkonstruksi peristiwa dapat digunakan konstruk dari segi
kualitas dan kuantitasnya. Contoh tentang konstruk hitam-putih dengan konstruk
kuantitas dapat diperhalus menjadi empat skala penilaian, yaitu: hitam, sedikit
hitam, sedikit/hampir putih, dan putih.
Kelly
mengukuhkan bahwa konstruk itu tersusun dari dua kutub atau kombinasi:
persamaan-perbedaan. Hal ini menunjukkan bahwa kita tidak dapat memahami
hakikat konstruk seseorang, apabila dia hanya menggunakan kutub persamaan atau
perbedaan saja. Kita tidak akan tau konstruk seseorang, sehingga memahami
peristiwa-peristiwa yang menyertainya, dan pandanga dia tentang peristiwa itu,
apakah dia memandang bahwa peristiwa-peristiwa tersebut bertentangan dengan
konstruk yang telah dimilikinya.
Konstruk-konstruk
itu dapat dikategorikan ke dalam cara yang bervariasi, yaitu sebagai berikut:
a.
Core
(inti), konstruk dasar dari fungsi individu.
b.
Peripheral
(pinggir, luar), konstruk yang dapat diubah tanpa modifikasi mendasar, serius
dari konstruk inti.
c.
Permeable
(dapat ditembus), konstruk yang terbuka, dari menerima elmen-elmen yang aru.
d.
Impermeable,
(tak tembus/tertutup), konstruk yang menolak elmen-elmen baru.
e.
Tight
(rapat/erat). Konstruk yang tidak mengubah-ubah prediksi.
f.
Loose
(longgar), konstruk dalam mana individu mengharapkan satu hal dalam satu waktu,
dan hal yang berbeda dalam kondisi yang sama.
g.
Verbal,
konstruk yang mempunyai simbol kata yang konsisten/ajeg.
h.
Preverbal,
konstruk dalam mana individu belum mempunyai simbol kata yang konsisten. Konstruk
ini dialami/dipelajari individu sebelum perkembangan bahwa (masa
bayi/kanak-kanak awal).
Konstruk
digunakan oleh individu untuk menafsirkan dan peristiwa-peristiwa yang
terorganisasi sebagai bagian dari sistem. Konstruk-konstruk dalam sistem
diorganisasi/diatur dalam kelompok-kelompok untuk meminimalkan/mengurangi
ketidakcocokan/ketidakajegan.
Konstruk-konstruk
dalam sistem tersusun secara hirarki, yaitu: Superordinate (termasuk
konstruk-bimbingan dan konseling karir lain yang berbeda dalam konteksnya), dan
subordinate (satu konstruk yang dimasukkan ke dalam konteks bimbingan dan
konseling karir superordinate)
3.
Dinamika
Kepribadian
Dalam proses
memandang tingkah laku manusia, Kelly tidak mendasarkan kepada teori
tradisional tentang motivasi. Kelly tidak mengkonstruk tingkah laku (behavior)
dalam istilah-istilah itu menggambarkan bahwa manusia itu kaku (inert), padahal
manusia itu pada dasarnya adalah aktif, organisme yang hidup dan berjuang. Dalam
hal ini, Kelly merumuskan suatu postulat0asumsi, bahwa “proses seseorang itu
secara psikologis dijembatani oleh cara dia mengantisipasi peristiwa”.
Postulat itu mengimplikasikan bahwa:
a.
Individu
mencari atau menyusun prediksi,
b.
Individu
mengantisipasi peristiwa,
c.
Individu
menggapai masa depan melalui jendela masa kini.
Dalam
pengalaman sehari-hari (peristiwa-peristiwa yang teralami), individu
mengobservasi peristiwa-peristiwa itu dari segi kesamaan dan perbedaannya,
kemudian mengembangkan menjadi konstruk.
Individu
memilih tingkah laku tertentu, karena dia percaya bahwa hal itu merupakan
kesempatan yang paling baik mengantisipasi masa depan. Dalam menjelaskan proses
ini, Kelly mengajukan suatu: C-P-C Cycle (Circumspection-Preemtion-Control
Cycle). Dalam model ini, individu mengkonstruk lingkungannya dengan
berhati-hati, yaitu individu mulai kegiatannya dengan mempertimbangkan sejumlah
konstruk yang berbeda dalam kaitannya dengan situasi yang dipersepsinya.
Kemudian individu memilih di antara konstruk yang sesuai/cocok. Dalam fase ini,
individu mempersempit konstruk-konstruk alternati, hingga sampai kepada satu konstruk yang sangat relevan
dengan situasi. Dalam fase ini pula, kondisi-kondisi dipertimbangkan untuk
pilihan terakhir (bertindak). Pilihan terakhir diproses, dibuat pada fase
control ini. Pilihan ini didasarkan kepada estimasi bahwa konstruk alternatif
itu lebih cocok untuk memperluas dan mendefinisikan sistem konstruk.
Jika pilihan
akhir itu tidak konsisten dengan sistem konstruknya, maka diganti dengan yang
lain. Jika konsisten, maka prediksi itu dapat diajukan dan konstruk dapat
disahkan. Setelah itu individu harus mengembangkan konstruk baru atau
menghilangkan konstruk lama, dan memasukkan prediksi kepada peristiwa yang
terjadi. Kelly membahas proses kompleks yang yang diperkenalkannya yaitu konsep
anxiety dan threat. Kelly mengartikan konsep-konsep itu sebagai:
- Anxiety (cemas) adalah suatu pengenalan/pengakuan bahw peristiwa-peristiwa yang dikonfrontasikan kepada individu terletak di luar daerah sistem konstruknya.
- Threat (ancaman) merupakan kesadaran akan ancaman terjadinya perubahan struktur ini (konstruk) dirinya. Seseorang merasa terancam, manakala dia merasa terjadinya goncangan dalam sistem konstruknya. Contohnya: Seseorang merasa terancam dengan kematian, jika kematian itu dipersepsi dengan ancaman. Kematian, atau jika kematian itu dikonstruksi sebagai suatu yang memiliki makna bagi kehidupannya.
Rasa cemas oleh
ancaman merupakan keadaan yang kritis bagi organisme. Oleh karena itu individu
senantiasa berusaha melindungi dirinya dari kecemasan dengan berbagai cara.
Anxiety bukan akibat dari konstruk yang tidak sah (invalidated), tetapi
merupakan akibat dari tidak dimilikinya konstruk yang cocok dengan situasi yang
dihadapi.
Threat (ancaman) mempunyai daerah percabangan (ramifi-cation) yang
luas, manakala individu melakukan beberapa aktivitas yang baru tetapi juga
mungkin akan menjadi ancaman bagi individu. Seseorang akan mengalami ancaman
manakala dia menyadari bahwa sistem konstruknya dipengaruhi oleh apa
(peristiwa/fenomena) yang dihadapinya. Respon terhadap ancaman ini, mungkin
bersifat agresif, yaitu mundur ke konstruk yang lama agar dapat menghindar dari
kepanikan/kebingungan.
Konsep anxiety
dan threat merupakan dimensi baru pandangan Kelly tentang fungsi manusia.
Dinamika berfungsinya konsep-konsep tersebut dapat dilihat dari saling
mempengaruhinya di antara keinginan (wish) individu untuk
mengelaborasi/memperoleh sistem konstruknya dengan keinginannya untuk
menghindar/menolak ancaman yang merusak sistem konstruknya.
Terdapat dua kemungkinan respon individu
terhadap anxiety, yaitu: (1) Submerge (2) Sespend, menghentikan atau menunda
elmen-elmen yang tidak baik bagi konstruk. Respon yang terakhir ini dipandang
sama konsep psikoanalitik, yaitu represi. Dengan demikian individu dalam
menghadapi anxiety, dia mungkin bertindak dalam cara yang akan membuat
konstruknya atau sebagian konstruknya tidak tersedia untuk verbalisasi. Dalam
menghadapi threat, individu mempunyai satu pilihan di antara kepastian atau
kenyataan yang menegangkan dan pemahaman yang meluas.
Sebagian
kesimpulan dari pandangan Kelly tentang proses perilaku individu adalah sebagai
berikut.
a.
Perilaku/aktivitas
individu tidak dilatarbelakangi oleh kekuatan motivasi.
b. Manusia
berperilaku seperti scientific dalam mengkonstruk peristiwa-peristiwa, dalam
mmbuat prediksi, dan dalam mencari perluasan sistem konstruknya. Tetapi
kadang-kadang tidak seperti scientist, individu merasa begitu cemas karena
ketidakpahamannya, dan begitu merasa terancam karna ketidak familiarannyya akan
peristiwa yang dihadapinya. Dengan kata lain, manakala individu mampu untuk mengadopsi/memiliki/memperoleh.
4.
Perkembangan
Kepribadian
Berdasarkan pengamatan Sechrest (1963), Kelly tidak pernah
mengemukakan secara eksplisit tentnag sistem konstruknya yang asli. Kelly
menyatakan bahwa konstruk-konstruk itu berasal/bersumber dari usaha
mengkonstruksi replikasi (jawaban-jawaban) atas peristiwa-peristiwa yang
terjadi. Dia telah mengelaborasi berbagai peristiwa sehingga terjadinya
konstruk-konstruk yang berbeda, seperti konstruk yang sederhana dan rumit
(kompleks).
Kelly berpendapat bahwa perkembangan itu ditekankan kepada konstruk
preverbal pada masa infancy (bayi kanak-kanak) dan penafsiran budaya yang
terlibat dalam proses harapan-harapan yang dipelajari/dialami. Orang memiliki
kelompok budaya yang sama dan mereka mengembangkan jenis-jenis harapan yang
sama mengenai jenis-jenis perilaku tertentu.
Berdasarkan hasil
penelitian sehubungan dengan pandangan Kelly di atas, telah menunjukkan
temuan-temuannya, di antara Signel (1966) mengemukakan bahwa di antara usia 9
da 16 tahun anak-anak menjadi lebih kompleks ranah kognisinya, yaitu
perkembangan mereka cenderung menjadi lebih abstrak dalam cara berpikirnya.
Mereka memiliki sejumlah cara yang lebih dalam menafsirkan lingkunganya, dan
mereka juga lebih fleksibel dalam menafsirkan peristiwa-peristiwa.
Dua macam
penelitian lain telah dilaporkan, bahwa ada relevansi masalah faktor penentu
struktur kognitif yang kompleks. Studi pertama mengemukakan, bahwa tingkat
kompleksitas kognitif subjek berkaitan erat dengan tingkat kompleksitas
rangsangan yang mereka peroleh pada masa anak-anak (Aechrest & Jackson,
1961).
Studi kedua (Cross, 1966) menemukan bahwa orang tua yang memiliki
ranah kognitifnya yang kompleks (kaya ide, luas dalam berpikir) lebih menunang
berkembangnya kemandirian anak (autonomy) dan kurang mendukung perkembangan
sifat otoriter, dibandingkan dengan orang tua yang kompleksitas kognitifnya
rendah.
Untuk
mengembangkan kompleksitas kognitif atau struktur yang kompleks maka kepada
anak perlu: (1) diberikan kesempatan untuk menguji berbagai peristiwa yang
berbeda, dan (2) diberikan berbagai pengalaman yang beragam
Masalah
faktor-faktor yang menentukan isi konstruk dan kompleksitas sistem konstruk
adalah suatu hal yang sangat penting. Hal ini terutama karena ada relevansinya
dengan bidang pendidikan, yaitu bahwa pendidikan, yaitu bahwa pendidikan akan
mampu mengembangkan sistem konstruk yang kompleks, fleksibel, dan adaptif.
Daftar
pustaka:
Feist,Jess.
Feist J Gregory.2010.theories of personality ,edisi 7,buku
2(terjemahan).jakarta:salemba humanika
Yusuf
Syamsu. Nurihsan Achmad. 2011.teori kepribadian .bandung:pt remaja rosdakarya
offset
Cervone,Daniel.
Pervin A Lawrence.2012.personality:theori and research,edisi 10,buku
2(terjmahan).jakarta:Salemba Humanika
Pervin
A Lawrence,Dkk.2012.psikologi kepribadian:teori dan penelirian,edisi ke 9
(terjemahan).jakarta:kencana
1 komentar:
description cheap sex toys,dog dildo,cheap sex toys,dildo,dog dildo,vibrators,custom sex doll,horse dildo,wholesale sex toys content
Posting Komentar